Manfaat Pijat Bayi untuk Kesehatan

Manfaat Pijat Bayi untuk KesehatanPijat bayi merupakan suatu kombinasi bentuk stimulasi multi modal, yang artinya raba (taktil), dan gerak (kinestetik) yang dilakukan orang tua atau orang lain. Tujuan dari pijat bayi ini untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dengan cara memberikan stimulasi gerak, raba, dan kombinasi dari stimulasi lainnya. Untuk teknisnya yaitu dengan melakukan pijtan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.Untuk lama kita memijatnya kira – kira 15 menitan, dan sebaiknya dilakukan secara rutin.Agar mendapatkan hasil yang lebi baik.Untuk frekuensi pemberian pijatan per hari tidak ada batasan yang penting orang tua atau lainnya menjadikan stimulasi pijat suatu rutinitas dan bila memungkinkan dilakukan tiga kali dalam sehari.Untuk memijat bayi sebaiknya meliputi seluruh bagian tubuhnya.

 

Manfaat dari stimulasi pijat bayi ini adalah:

 

  • Dapat meningkatkan berat badan bayi
  • Dapat membuat ikatan / bonding dengan ibu
  • Dapat meningkatkan frekuensi menyusu
  • Dapat membuat bayi tidur lebih lelap dan lama
  • Dapat membantu bayi untuk berlatih relaksasi
  • Dapat memperlancar pencernaan, dan dapat juga mngurangi sakit perut, gas, dan sembelit
  • Dapat menenangkan dan mengurangi frekuensi menangis pada bayi
  • Meredakan sesak nafas dan rsa tidak nyaman pada saat bayi tumbuh gigi
  • Membantu kelenturan otornya dengan baik
  • Dapat menjadikan tekstur kulitnya lebih baik

 

Pijat bayi ini dapat dilakukan pada bayi yang cukup bulan sebenarnya sesegera mungkin dilakukan setealh bayi stabil.Kalau untuk bayi yang masih kurang bulan lebih baik lakukan konsultasi ke dokter untuk menayakan apakah sudah dapat diberikan pijat bayi atau belum.Dan untuk dilakukan pijit jangan dilakukan setelah bayi minum susu atau makan, jangan saat lapar, dan jangan saat bayi sedang menunjukan tanda – tanda tidak mau untuk di pijat karena kita harus memijat pada saat bayi merasa nyaman dan menyenangkan.

 

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin melakukan stimulasi pijat seperti, dalam memberikan pijatan kita harus membuat suasana menjadi nyaman mungkin bisa memberikan stimulasi multi modal dengan mendengarkan lagu, mengajak anak untuk berbicara dan cara lainnya bila bayi menangis, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya jangan sampai gara kita memijat membuat tubuh bayi menjadi sakit, dan jangan memaksa suatu jenis pijatan pada bayi. Gunakan lotion atau baby oil untuk media anta kulit pemijat dengan bayi biar lebig halus dan tidak terjadi gesekan yang kasar.Sebaiknya orang tua atau pemijat menyediakan 15 menit ke depan untuk bayi bebas tanpa terganggu apapun. Dan yang paling penting yaitu melihat bagaimana respon dari bayi tersebut, kalau bayi tidak mau jangan dipaksakan.

Read Another Post :