Manfaat Kompetisi Untuk Kesehatan Mental Anak

Manfaat Kompetisi Untuk Kesehatan Mental AnakKesehatan anak merupakan hal yang penting untuk dijaga termasuk Kesehatan Mental Anak. Kesehatan mental pada anak akan mempengaruhi pola pikirnya dan emosionalnya kelak. Sehingga dalam berinteraksi dengan anak juga harus diperhatikan agar manjaga psikisnya. Apalagi menginat bahwa anak masih sangat rentan dan belum bisa mengendalikan emosi dengan baik. Sehingga aktivitas dalam bersosial baik di dalam keluarga maupun lingkungan masyarakat dan teman bermain perlu diperhatikan agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak.

 

Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan dan Kesehatan Mental Anak ialah dengan menerapkan kompetisi. Ya, kompetisi ini jug aperlu dilakukan. Kompetisi adalah menandingkan kemampuan anak dalam sebuah aspek bersama dengan anak lainnya. Namun tentu saja kompetisi ini juga perlu di lakukan dengan bimbingan dan asuha orang tua agar tidak berdampak negatif pada anak.

Lalu apa saja manfaat kompetisi untuk Kesehatan Mental Anak? Disini akan di ulas mengenai manfaat kompetisi.

  1. Saling Menghargai

Saat anak berkompetisi, anak anak akan melihat kemampuan teman teman di sekitarnya. Sehingga anak mengetahui bahwa ada yang lebih baik darinya dan juga dia lebih baik dari pada yang lainnya. Disinilah nilai yang harus di antarkan kepada anak. Antarkanlah nilai ini pada anak dengan komunikasi yang baik. Sehingga anak bisa dengan lapang menghargai yang yang lebih baik darinya aau yang berada di bawahnya. Memunculkan sikap ini tidaklah mudah. Sehingga perlu di biasakan sejak kecil.

  1. Mau Bekerja Keras

Untuk menuju kompetisi anak akan mulai bekerja keras dan tekut agar bisa menjadi yang terbaik dalam kompetisi. Dengan demikian anak terbiasa untuk bekerja keras. Bimbnglah dan komunikasikan kepada anak bahwa bekerja keras memang dperlukan dalam kegiatan sehari hari bila ingin sukses. Tanpa mengkomunikasikan, kadang anak akan sulit memahami. Selain itu, berikan contoh dan bersamai dia dalam beraktifitas

  1. Meningkatkan Percaya Diri

Menurut penelitian, kompetisi dapat mengingkatkan percaya diri karena dia mampu menyelesaikan kompetisi dengan baik. Pernah mendapatkan hasil yang baik dan mengesankan benar benar merupakan motivasi yang kuat untuk anak.

  1. Memotivasi Diri Untuk Menjadi Terbaik

Saat anak berkomptisi ada kalanya juga mengalami keagadalan. Saat saat seperti ini An da tentu perlu mendampnginya dan menenangkan. Berikan motivasi bahwa anak bisa melakukan yan terbaik dan mengharai apa yang telah dikerjakan anak dengan memberikan pujian bahwa yang dilakuka bukanlah hal yang sia sia. Selain itu, motivasi diri ini juga telah muncul saat anak menyiapkan diri imenuju kompetisi. Sehingga tentunya ini baik untuk kesehatan mental anak agar mau untuk menjadi yang lebih baik dari dari ini.

  1. Berlatih Bekerja Sama

Kompetisi terutama kompetisi dalam tim pasti akan membutuhkan kerjasama kelompok. Disini anak akan dituntut untuk saling menghargai, saling mendengarkan, saling peduli dan lainnya. Kompetisi berkelompok ini sangat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental karenna disini anak akan aktif bersosialisasi dan diuji kemampuan beradaptasi dengan teman atau angotanya yang lain. Untuk itu, peran orangtua untuk menarahkan anak disini sangat penting agar anak dapat saling menghargai dan berjalan bersama tanpa saling mendahului.

Read Another Post :