Gejala Hipersensitif Saluran Cerna Bagi Bayi

Gejala Hipersensitif Saluran Cerna Bagi BayiSaluran cerna merupakan salah satu organ tubuh penting yang berperan pada saat perkembangan, pertumbuhan, dan kesehatan anak secara keseluruhannya.Saluran cerna ini merupakan organ kekebalan tubuh yang terbesar.Dimana pada saluran cerna ini menghasilkan 80% sel unutk antibody dan 40% untuk jaringan saluran cerna yang disusun dengan kelenjar getah bening yang merupakan terbesar dalam tubuh manusia. Kedua komponen ini sangat berperan dalam sistem imun tubuh.Didalam saluran cerna ini terdapat banyak sekali spesies mikroorganisme yang jumlah kira –kira 100 triliun, dilihat dari saluran cerna dari yang paling atas yaitu lambung, untuk lambung ini memiliki jumlah bakteri yang paling rendah karena untuk tingkat keasamannya yang begitu tinggi.Keberadaan beberapa bakteri seperti bakteri E coli, Staphylococcus, clostridium, dan proteus dalam saluran cerna ini dapat menimbulkan berbagai penyakit sehingga macam – macam bakteri ini disebut sebagai bakteri pathogen, dan ada juga beberapa bakteri yang memeberikan keuntungan bagi kesehatan manusia yang dikenal sebagai bakteri baik seperti, Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Kenali tanda dan gejala hipersensitif saluran cerna pada bayi jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi pada balita kita.Adapun gejalanya seperti:

  • Sering cegukan atau hiccup
  • BAB 3 kali perhari, dengan fases cais, dan terdapat seperti biji cabe sering berak sedikit sedikit tapi sering
  • Air liur berlebihan
  • Mulut sensitif dimana lidah sering timbul berwarna putih yang kadang sulit dibedakan dengan jamur atau memang juga disertai infeki jamur. Bibir kering dan kehitaman sebagian.
  • Sering muntah atau gumoh, kembung, dan gastrooesepageal refluks
  • Buang angin keras dan sering
  • Kolik atau sering rewel dan gelisah
  • Menangis berkepanjangan dan juga menangis dengan melengking lebih dari 15 menit, hal ini terjadi karena ngerasa tidak nyaman pada bagian perut atau sakit.

Itulah beberapa gejala yang bisa kita amati. Gangguan hipersensitif saluran cerna ini sering juga dianggap normal.Hipersensitif saluran cerna ini biasanya hanya merupakan gangguan fungsional.Akan tetapi gangguan hipersensitif saluran cerna ini sering disertai dengan gangguan pertumbuhan berat badan, gangguan prilaku dan gangguan perkembangan bagi bayi lainnya.Untuk bayi yang mendapatkan ASI ekslusif akan lebih baik untuk kesehatannya karena saluran cernanya didominasi oleh bakteri baik Bifidobacteria sedangkan untuk bayi yang diberi susu formula hal ini tidak terlihat adanya produksi bakteri yang baik seperti ASI ekslusif. Karena bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria ini terbentuk pada lingkungan yang asam yang tercipta didalam usus besar akibat dari asupan ASI ekslusif.Jadi manfaat dari ASI eklusif bagi anak bayi sangatlah bermanfaat karena bisa menghasilkan antibodi untuk kesehatan bayi kita.

Read Another Post :