Cara Memilih Mainan Aman Untuk Anak

Semua anak-anak pasti menyukai berbagi macam mainan,  dari lego, mobil, boneka, puzzle, dan lain sebagainya. Namun pada dasarnya tidak semua mainan yang anak sukai adalah mainan yang baik untuk anak. Terkadang mainan tersebut justru akan membahayakannya. Misalkan mainan anak yang ternyata mengandung bahan kimia berbahaya, mainan dengan bentuk tajam yang akan melukai ketika bermain dan mainan dengan ukuran kecil yang mudah tertelan.

 

Terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempertimbangkan dalam memilih dan merekomendasikan mainan yang aman dan tepat untuk anak. Sehingga semua risiko dari sebuah mainan anak dapat diminimalkan atau bahkan bisa dihilangkan. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan agar anak selalu mendapatkan mainan yang terbaik dan aman serta memiliki manfaat.

 

Sesuaikan Dengan Usia Anak

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan mainan yang aman adalah dengan menyesuaikan mainan dengan usia yang dimiliki anaknya. Cara yang paling mudah adalah membaca label yang ada pada mainan. Perusahaan mainan pasti selalu mencantumkan anjuran usia yang dapat menggunakannya. Cek tulisan label yang ada dan apabila mainan tersebut cocok untuk anak kita maka ambil dan beli mainan tersebut.

 

Perhatikan Ukuran

Hal selanjutnya agar kita mendapatkan mainan anak yang aman adalah dengan memperhatikan ukuran dari mainan tersebut. Usahakan memilih mainan yang memiliki ukuran besar ampai anak berusia lebih dari 3 tahun. Karena apabila kita memilih mainan dengan ukuran kecil akan mengakibatkan semakin banyak risiko yang akan menimpa anak.

 

Risiko tersebut diantaranya adalah tertelan, anak usai di bawah 3 tahun biasanya menyukai sesuatu barang termasuk mainan. Bahkan ketika mainan tersebut memiliki warna dan ukuran yang menarik hatinya pasti akan langsung di ambil dan tidak akan pernah lupa untuk memasukkannya ke dalam mulutnya, sehingga menambah risiko mainan tersebut tertelan.

 

Cara Memilih Mainan Aman Untuk Anak

 

Hindari Bentuk Yang Berbahaya

Usahakan kita memilih mainan yang benar-benar aman bagi keadaan anak. Misalkan jauhkan anak dari mainan dengan sisi dan tepi yang tidak tajam, karena apabila mainan memiliki sisi yang tajam maka pasti bisa melukai tangan anak dan juga temannya saat memainkannya.

 

Jauhkan Mainan Anak Dari Jangkauan Bayi

Selalu jauhkan mainan kesayangan anak dari jangkauan bayi. Hal ini berlaku bagi yang masih memiliki bayi dan balita, karena pasti terdapat mainan dengan tekstur yang keras sehingga akan berbahaya apabila terletak di mana-mana terutama di dekat jangkauan bayi dan balita.

 

Beli Mainan Yang Mudah Dicuci

Selalu belilah mainan yang mudah untuk dicuci dan dibersihkan, karena mainan jenis ini akan membuat anak terhindar dari kuman dan bakteri yang telah menempel pada mainan setelah dimainkan. Apalagi untuk bayi yang tidak pernah terlewat untuk memasukkan mainan tersebut pada mulutnya. Bayangkan jika mainan tersebut sulit dicuci karena salah satu mainan kesayangan anak, maka sama saja kita membuka jalan untuk anak kita terkena bakteri dan kuman yang ada.

 

Hindari Mainan Bertali dan Bahan Berbahaya

Hindari mainan yang memiliki benang, tali, pita dan lainnya dengan ukiran pajang melebihi 30 cm. Karena jenis ini akan membahayakan bayi dan anak. Tali pada anak akan membuat anak terlilit dan mencekik lehernya. Selain itu hindari mainan yang berbahaya meskipun tampilan yang ada terkesan biasa saja namun kita tetap harus memastikan bahwa mainan untuk anak adalah mainan yang tidak berbahaya dan aman untuk digunakan serta memberikan manfaat.

 

 

Read Another Post :